Monday 22 October 2012

TINGKATKAN KECERDASAN ANAK DENGAN BERMAIN


 Jangan terlalu sensitif jika anak Anda sering bermain, yang berbahaya itu bermain tanpa pengawasan. Bermain itu sarana belajar yang baik, karena saat main anak bisa mengenal banyak hal baru, di sini aspek sosial dan kognitif anak akan semakin berkembang.

Anak-anak pada usia 4-11 tahun sangat dianjurkan untuk aktif bergerak atau bermain. Rentang usia tersebut dinilai sebagai saat paling krusial untuk tumbuh dan berkembang. Agar pertumbuhan seorang anak bisa mencapai potensi maksimal, ada empat aspek yang harus diperhatikan, yaitu psikomotorik, kognitif, emosi, dan sosial. Apabila empat aspek ini berkembang, seorang anak pasti tumbuh menjadi anak yang hebat
Aktivitas fisik di luar ruangan juga memiliki sejumlah manfaat bagi anak-anak, antara lain mencegah obesitas. Orang tua dituntut untuk mendorong agar anak-anak mereka aktif secara fisik dan menyadari keperluan dan manfaat aktivitas fisik sebagai faktor kunci yang mempengaruhi aktivitas fisik anak-anak.

Anak-anak yang memiliki teman bermain reguler lebih berpeluang untuk bermain di luar rumah setiap harinya, anak-anak melakukan setidaknya satu jam aktivitas fisik setiap harinya untuk manfaat kesehatan jangka panjang antara lain membantu untuk menangkal obesitas. Anak-anak prasekolah juga harus menghabiskan beberapa jam untuk bermain setiap harinya.

Penting untuk mempertimbangkan apa jenis kegiatan yang dilakukan anak-anak di luar rumah, Mereka mungkin duduk di bak pasir – mereka bisa menghabiskan 20 sampai 30 menit membangun istana pasir dan terowongan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...