Berikut 17 Tips Menghemat BBM
1. Cek Tekanan Ban
Sepele,
tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau
tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi
pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum
mengendarainya.
2. Cek Kondisi Roda
Contoh
dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab
apabila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat
laju motor. Pemicunya pelek tidak center(speleng), bearing roda aus atau
kurang pelumasan dan sebagainya.
3. Atur Jarak Main Rem.
Apabila
rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga
pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya, atur
jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak
main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karen dikhawatirkan
kampas rem jadi menempel.
4. Pelumas
Daya
lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat
menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power
mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh
jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak
melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat
performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.
5. Setel Klep
Celah
klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun.
Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi
cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen
ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing”.
6. Stel Kopling
Stelanya
jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan,
gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah
selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran
mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih
berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
7. Busi
Umur
kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari
itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga
ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi
tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila umur
busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila
elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas
percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai
spesifikasi yg di anjurkan.
8. Filter Udara
Filter
jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin
bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap
debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu diganti baru.tapi yg berbahan
busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun
jauh lebih enteng.
9. Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
Di
anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran
bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan
bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup
udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran
mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk
dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10.Menaikan Kompresi.
Ini
langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah, jadi saat
berakselerasi awal, tidak perlu buka gas terlalu dalam, bensin pun irit.
Tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head,
melainkan cukup mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone
berdome tinggi.
11. Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, akali dengan memasang oil cooler.
Untuk motor penganut sistem
pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal
saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.
Upgrade mesin ditujukan buat
motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin
pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah
terlalu longgar dan lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen
itu jadi normal lagi, maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM
juga lebih irit.
12. Pakai Fuel Saver
Tidak
haram jika mau aplikasi “part” pengirit bensin kayak: power FX
-femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part”
itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
13. Upgrade Pengapian
Busi
berperan penting bagi tenaga mesin. Ada beberapa cara untuk
meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian
berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing.
Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
14. CDI Racing (tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan
power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing
pengapian. Umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya. Paling
gampang, ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing. Penerapan langkah
ini dapat mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
15. Ringankan Beban Motor.
Motor
yg berat bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas
dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian
aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan
variasi yang berbobot enteng/ringan. Misal pelek alumunium, swing arm
dan sebagainya.
16. Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor.
Bila
misalnya motor Anda hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tak
perlu Anda ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan
keyakinan motor bakal berlari lebih kencang. Pabrikan sebetulnya telah
membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM.
Untuk contoh di atas, memang
motor ber-BBM premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu
akan membuat motor bersangkutan mengonsumsi BBM lebih banyak (yang
pasti harganya lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. Jika motor memang
direkomendasikan harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas
dengan memakai BBM premium. Selain akan membuat mesin ngelitik,
penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat motor boros
konsumsi BBM-nya.
17. Cara Berkendara
Kesemua
cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara
yang benar!!. Kalo anda masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas
saat motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya,
jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu
berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan
putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment