Tuesday 24 July 2012

TIPS MEMILIH MENU MAKANAN SAHUR YANG SEHAT





Tips Memilih Menu Sahur Anda . Sebentar lagi ramadhan datang, bagi anda ibu rumah tangga merupahan pahala yang besar menyiapkan sahur untuk keluarga. Berikut tips memilih menu masakan sehat untuk sahur keluarga anda:

Santap sahur merupakan pengganti sarapan. karena itu menu sahur sehat harus mengandung nutrisi yg cukup dan juga cairan. Menu lengkapnya bisa berupa nasi, kentang atau mi sebagai sumber karbohidrat dengan tambahan protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan) dan protein hewani (daging, unggas,seafood). Jangan lupa sayuran dan buah-buahan segar. Untuk pelengkap bisa menambahkan minuman susu kedelai, susu skim atau susu segar .

 
Sahur sebaiknya ada variasi Menu: Hal ini supaya sahur tetap semangat dan selera makan sahur juga terjaga,umber nutrisi yang diperlukan tubuh tak harus diwujudkan dalam nasi plus lauk-pauk. Bisa berupa mi kuah dengan tambahan sayuran, telur dan daging asap. Bubur dengan tambahan ayam, telur dan sayuran. Pasta dengan paduan keju, daging sapi dan sayuran. Kentang panggang dengan tambahan brokoli, keju dan sosis. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, serat dan mineral sebaiknya tambahkan selalu sayuran dan buah segar. Buah segar bisa dimakan sebagai buah potong atau buat jus bersama yoghurt atau susu atau jus segar tanpa tambahan gula. Agar kerja lambung tidak terlampau berat yang bisa berakibat badan lemas dan mengantuk, hindari konsumsi gula dan lemak berlebihan. Kurangi makanan gorengan dan makanan yang terlalu manis atau terlalu asin.

Makanan Sahur Sebaiknya disajikan saat Segar dan Hangat: Karena santap sahur dilakukan pada pagi buta, sebaiknya rangsang selera makan dengan makanan dan minuman yang hangat dan segar. Untuk makanan yang memakai sayuran segar, sajikan sesaat akan disantap agar sayuran masih renyah dan kandungan vitamin serta mineralnya tetap awet. Demikian juga dengan buah-buahan segar. Untuk nasi dan lauk-pauk, sajikan dalam keadaan hangat atau panas agar lebih enak dan menarik selera makan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...