Thursday 24 November 2011

RENCANA JAKABARING SPORT CITY SELANJUTNYA

Penyelenggaraan SEA Games XXVI yang dimulai sejak 11-22 November di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) telah usai. Diklaim sukses sebagai tuan rumah, ke depan JSC akan menjadi universitas olahraga berstandar internasional. Kompleks seluas 650 hektare digadang menjadi pusat pembinaan atlet di Asia Tenggara.
Pembangunannya insya Allah sudah akan dimulai tahun anggaran 2012, kita selesaikan 2013," kata Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin di Palembang, Selasa (22/11). Ia menambahkan, nantinya baru dua fakultas yang akan dipersiapkan menerima mahasiswa baru. "Dua fakultas terlebih dahulu sambil jalan mungkin ya."
JSC terdiri dari Gelora Sriwijaya sebagai stadion utama. Jakabaring dilengkapi 10 venue berstandar internasional seperti stadion aquatic, lintasan atletik, danau ski air hingga voli pantai dan sepatu roda.
Tak ketinggalan Wisma Atlet dengan tiga gedung penginapan berdaya tampung 1.800 atlet serta satu auditorium membuat Jakabaring dipercaya menjadi Kota Olahraga di bagian barat Indonesia.
Untuk tetap menjaga kualitas pemeliharaan Pemerintah Provinsi Sumsel mengontrak tiga tenaga ahli asal Filipina yang berpengalaman mengelola komplek olahraga di Doha, Qatar. Setelah SEA Games, Pemerintah Pemprov Sumsel menjamin kompleks JSC tak akan terlantar.
Pada 2012 akan ada sedikitnya lima kejuaraan dunia berbagai cabang yang diselenggarakan di JSC Palembang. Yang terdekat ialah kejuaraan dunia sepak takraw yang akan berlangsung Februari mendatang. Kini sumber daya manusia menjadi pekerjaan rumah bagi Pemprov Sumsel khususnya bila akan menggelar event kelas dunia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...